Minggu, 14 Mei 2017

Ulasan 1 - Service Management with systemd


Video yang dibahas pada ulasan ini diambil dari youtube  http://youtu.be/JX2lxKJC6yI dengan judul "Service Management with systemd".
Video berdurasi 5 menit 36 detik ini diunggah oleh pengguna tutorialLinux pada 25 Mei 2016 dan telah ditonton oleh 6.115 user. 

Video ini menjelaskan tentang pentingnya untuk me-manage service yang ada pada system sehingga kita dimudahkan ketika ingin start/restart/reload service tertentu atau ingin mengetahui status dari service. Pada linux kita dapat menggunakan systemd (init system) Terdapat dua program yang paling banyak digunakan untuk me-manage service yaitu dengan systemctl (digunakan untuk me-manage service) dan journalctl (digunakan untuk me-manage application logs). 

Ketika kita ingin mengetahui status dari satu proses apakah sedang running atau tidak kita dapat menggunakan systemctl. Dimana systemctl akan menampilkan informasi yang lebih lengkap dibanding dengan yang tidak menggunakan systemctl. Sebagai contoh systemctl akan menampilkan PID, service active/tidak active sejak tanggal berapa dan informasi lainnya. Jika kita ingin mengetahui application logs sejak 1 hari yang lalu, kita dapat dengan mudah mengetahuinya dengan menggunakan journalctl.

Penjelasan pada video cukup jelas  dan memberikan contoh yang mudah dimengerti. Video juga menampilkan contoh secara langsung linux yang menggunakan systemctl dengan yang tidak menggunakan systemctl beserta beberapa command pada systemctl dan journalctl.

Github Account : AyuNainggolan
Video author : tutorialLinux 
Pemetaan konten : Week03
Revisi pertama : 14 Mei 2017
Revisi kedua : 14 Mei 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar